Back

Menuju Akreditas Internasional, Prodi S1 Agribisnis Menyelenggarakan Workshop Kurikulum OBE

Rabu (08/05/2024) Program Studi (Prodi) S1 Agribisnis, Fakultas Pertanian UNSOED menyelenggarakan workshop kurikulum berbasis outcome based education (OBE). Pada sesi pembukaan, Koordinator Prodi S1 Agribisnis, Lutfi Zulkifli SP, M.Si menyampaikan bahwa workshop ini merupakan upaya untuk mengoptimalkan kualitas pembelajaran sekaligus persiapan menuju akreditasi internasional. ‘Alhamdulillah akreditas Prodi S1 Agribisnis sudah unggul, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Prodi S1 Agribisnis, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berdaya saing”.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Dr. Ir. Sakhidin, MP, dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa workshop ini adalah langkah strategis untuk memperkuat implementasi kurikulum OBE guna meningkatkan mutu pendidikan. “Pelaksanaan kurikulum OBE juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan dan penyelesaian masa studi mahasiswa”.

Workshop kurikulum OBE Prodi S1 Agribisnis menghadirkan dua orang narasumber, yaitu Dr. Ir. Agustina Shinta Hartati Wahyuningtyas, MP dari Universitas Brawijaya sekaligus Ketua Ikatan Program Studi Agribisnis Indonesia (IPSAGRI) dan Tri Nugroho Adi, S.Sos, M.Si yang merupakan Koordinator Pusat Pengembangan Kurikulum LP3M Unsoed. Kedua narasumber menyampaikan best practices implementasi kurikulum OBE dan assessment capaian pembelajaran lulusan (CPL).

Kurikulum berbasis OBE telah diakui sebagai pendekatan yang efektif dalam mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan dan kompetensi yang relevan dengan kebutuhan dunia industri. Dengan mengadopsi pendekatan ini, Prodi S1 Agribisnis bertujuan untuk memastikan bahwa setiap lulusan memiliki keterampilan praktis yang dapat diterapkan di lapangan kerja.

Workshop ini dihadiri oleh para dosen Prodi S1 Agribisnis, serta melibatkan pemangku kepentingan terkait dalam proses penyusunan dan pengembangan kurikulum. Selama sesi workshop, diskusi mendalam dilakukan untuk mengevaluasi dan menyempurnakan rancangan kurikulum yang telah ada, dengan fokus pada pencapaian hasil pembelajaran yang jelas dan terukur.