Program Studi Teknik Pertanian

Akreditasi B

Keputusan Badan Akreditas Nasional (BAN) Perguruan TinggiKementerian pendidikan Nasional No. 019/BAN-PT/Ak-X/S1/XII/2006 Tanggal 8 Desember 2006, Peringkat B (Baik), Berlaku sampai 8 Desember 2011.

Visi

Visi PS TEP pada tahun 2018 yaitu menjadi Center of Excellence (CoE) bagi pengembangan agroindustri perdesaan yang berkelanjutan dan mampu mengantisipasi persaingan di pasar global.

Misi

Misi PS TEP dilaksanakan untuk pencapaian visi PS TEP. Misi PS TEP yaitu:

  • Pendidikan untuk menghasilkan Sarjana Teknik Pertanian yang percaya diri dan berdedikasi tinggi dalam pengembangan ilmu yang dikuasainya untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan pemberdayaan masyarakat.
  • Penelitian dan pengembangan teknologi sepadan (appropriate technology).
  • Diseminasi dan aplikasi teknologi sepadan untuk pengembangan agroindustri perdesaan.

Tujuan

PS TEP menjadi wahana untuk melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat memiliki tujuan sebagai berikut:

  • Menghasilkan lulusan yang bermoral Pancasila, berwawasan kebangsaan, dan kemandirian yang mampu bersaing  dalam mengembangkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara global.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan kebutuhan pembangunan nasional.
  • Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan dan mengamalkan ilmu dan teknologi sepadan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  • Menghasilkan lulusan yang mampu menggunakan hak dan menjalankan kewajibannya sebagai anggota masyarakat.
  • Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan: (a) berkomunikasi secara baik, merumuskan permasalahan secara logis, obyektif, dan komprehensif, (c) memanfaatkan secara optimal teknik komputasi sebagai alat bantu dalam
    pengambilan keputusan, (d) merancang dan membuat alat dan mesin agroindustri, (e) mengelola sumberdaya alam dan pertanian secara efektif, efisien, dan berkelanjutan, serta (f) kewirausahaan.
  • Menciptakan atmosfir akademik yang sehat dan dinamik dalam upaya meningkatkan,
    mengembangkan, dan mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui
    kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama teknologi sepadan.

Kompetensi Lulusan :
Mampu Mengembangkan Sumber Daya Pertanian dan Pengolahan Hasil Pertanian dengan Penerapan Ilmu Teknik pada Bidang Agroindustri dan Agrobisnis yang dilandasi Iman, Etika, dan Moral yang Luhur.

Profil Lulusan :

Peneliti, Pendidik, Manajer, Wirausaha, Birokrat, Analis Proyek, dan Konsultan Pertanian.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not span in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.