Visi dan Misi Fakultas Pertanian

1.1.   Visi

Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) yang didirikan pada tahun 1963 berlokasi di Purwokerto, sebuah kota kecil di kaki Gunung Slamet yang dikelilingi oleh alam perdesaan dengan kultur Banyumasan yang sangat orisinal. Situasi lingkungan kampus ini memberikan inspirasi terhadap pola ilmiah pokok UNSOED yaitu pengembangan bidang pertanian berbasis kearifan lokal yang berkelanjutan. Fakultas yang didirikan untuk pertama kali adalah Fakultas Pertanian, Biologi dan Ekonomi yang  fokus pengembangan akademiknya dapat diarahkan pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis perdesaan. Perkembangan UNSOED lebih lanjut dan tuntutan masyarakat terhadap perkembangan iptek yang pesat mengharuskan perhatian secara lebih intensif terhadap pengembangan budaya dan kearifan lokalJati diri bangsa tidak akan tercerabut akibat arus globalisasi seiring penetrasi teknologi informasi ke wilayah pelosok jika kearifan lokal dikembangkan secara konstruktif dan sistematik.

Visi Fakultas Pertanian Unsoed pada tahun 2034 “Menjadi fakultas yang memiliki keunggulan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni bertaraf internasional yang relevan dengan pengembangan bidang pertanian dan kearifan lokal yang berkelanjutan“.

1.2.   Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan guna menghasilkan lulusan yang bermoral, memiliki kompetensi akademik, profesional, keunggulan kompetitif, kemampuan kepemimpinan dan entrepreneurship/technopreneurship, memecahkan masalah, dan berinovasi  khususnya dalam pengembangan pertanian.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian yang mengacu pada kearifan lokal yang berkelanjutan.
  3. Menyelenggarakan alih teknologi berbasis penelitian yang relevan dengan pengembangan bidang pertanian dan kearifan lokal dalam rangka menunjang pembangunan.
  4. Mengembangkan tata kelola fakultas yang mandiri dengan menerapkan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan meritokrasi.
  5. Mengembangkan kerjasama dan meningkatkan peran fakultas dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni pada tingkat lokal, nasional dan internasional.

1.3.  Tujuan

Fakultas Pertanian Unsoed merupakan wahana untuk melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pertanian dengan tujuan untuk:

  1. Menghasilkan lulusan yang bermoral, memiliki kompetensi akademik dan profesional, keunggulan kompetitif, kemampuan kepemimpinan dan entrepreneurship/technopreneurship, memecahkan masalah, dan berinovasi khususnya dalam pengembangan bidang pertanian berbasis kearifan lokal dan berkelanjutan,
  2. Menghasilkan karya ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni bertaraf nasional dan internasional untuk pengembangan pertanian berbasis kearifan lokal dan berkelajutan.
  3. Menjadi pusat unggulan pemberdayaan masyarakat perdesaan dan teknologi tepat guna di bidang pertanian.
  4. Mewujudkan fakultas yang mandiri dengan tata kelola yang transparan dan akuntabel, serta menerapkan prinsip meritokrasi, untuk meningkatkan efektivitas pelayanan terhadap pengguna.
  5. Membangun kerjasama dan kepekaan sosial yang selaras dan saling menguntungkan dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni pada tingkat lokal, nasional dan internasional.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not span in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.