EFISIENSI PEMASARAN BUAH APEL (Kasus Pemasaran Buah Apel di Kusuma Agrowisata Kota Batu, Malang, Jawa Timur)

Avatar psi_faperta
Versi ramah cetak
JudulEFISIENSI PEMASARAN BUAH APEL (Kasus Pemasaran Buah Apel di Kusuma Agrowisata Kota Batu, Malang, Jawa Timur)
Publication TypeStudent Thesis
Year of Publication2013
AuthorsHayuningtyas HK
AdvisorsSuyono, Mulyani A
DegreeS1 Sosek (Agribisnis)
UniversityUniversitas Jenderal Soedirman
Abstract

Penurunan produksi apel lokal dari tahun ke tahun dan meningkatnya impor apel menyebabkan terkendalanya pemasaran buah apel lokal akibat dominasi buah apel impor di pasaran. Kusuma Agrowisata sebagai salah satu produsen buah apel lokal melakukan strategi dengan menentukan saluran pemasaran yang paling efisien baik secara teknis maupuan ekonomis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Saluran pemasaran buah apel di Kusuma Agrowisata Kota Batu, Malang, Jawa Timur, (2) Marjin pemasaran buah apel pada setiap saluran pemasaran, (3) Produsen’s share pada masing-masing saluran pemasaran dan (4) Saluran pemasaran yang paling efisien berdasarkan indeks efisiensi teknis dan indeks efisiensi ekonomis.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2012 di Kusuma Agrowisata, Batu, Malang. Metode pengambilan sampel pedagang besar dilakukan dengan purposive sampling sebanyak 3 pedagang besar, pedagang kecil sebanyak 3 pedagang dengan snowball sampling dan pedagang retailer sebanyak 10 pedagang dilakukan dengan sensus, total sampel sebanyak 16 pedagang. Variabel yang diamati adalah biaya pemasaran, volume penjualan, volume pembelian, harga jual, harga beli, berat akhir, jarak angkut dan keuntungan.
Hasil penelitian menunjukan: (1) Ada empat saluran pemasaran di Kusuma Agrowisata, yaitu: (I) Departemen Trading – Konsumen, (II) Departemen Trading – Pedagang Besar - Pedagang Retailer – Konsumen, (III) Departemen Trading - Pedagang Retailer – Konsumen, (IV) Departemen Trading - Pedagang Besar - Pedagang KecilKonsumen, (2) Marjin pemasaran buah apel pada masing-masing saluran yaitu : saluran I sebesar Rp7.500,00 per kg, saluran II sebesar Rp19.990,00 per kg, saluran III sebesar Rp17.947,00 per kg dan saluran IV sebesar Rp8.833,00 per kg, (3) Produsen’s share pada masing-masing saluran yaitu : saluran I sebesar 40 persen, saluran II sebesar 20 persen, saluran III sebesar 21 persen dan saluran IV sebesar 36 persen, (4) Saluran pemasaran I merupakan saluran yang paling efisien secara teknis maupun ekonomis, karena memiliki nilai indeks efisiensi teknis terkecil dan indeks efisiensi ekonomis terbesar.
Kata kunci: efisiensi, pemasaran, buah apel, Kusuma Agrowisata.

Decreasing production of local apple from time to time and increasing of import apple cause marketing barrier of local apple due to domination of import apple in market. Kusuma Agrowisata as one of apple local produsen makes strategy by determining marketing channels that the most efficien in technical efficiency either ecomomical efficiency. The aims of the research are knowing (1). Marketing channels of apple in Kusuma Agrowisata (2). Marketing marjin in every marketing channels , (3). Produsen’s share ini every marketing channels, (4) The most efficient marketing channels base on technical efficiency index and economical efficiency index.
The research method used was survey method The research was carried out at June 2012 in Kusuma Agrowisata, Batu, Malang. Technical method sampling for middleman was purposive sampling that equal to 3 sellers, small traders samples that equal to 3 sellers was snowball sampling and modern retailer samples that equal to 10 sellers was sensus, samples total was equal to 16 sellers. Variables observed was marketing cost, disposal volume, purchasing volume, price, last weight, distance and profit.
The research result showed that: (1) There are four marketing channels in Kusuma Agrowisata, they are : (I) Trading Department – Consumers, (II) Trading Department – Middleman – Modern Retailer – Consumers, (III) Trading Department – Modern Retailer – Consumers, and (IV) Trading department – Middleman – Small Traders – Consumers, (2) Marketing marjin in every channels are: channel I is equal to Rp7.500,00 per kg, channel II is equal to Rp19.990,00 per kg channel III is equal to Rp17.947,00 per kg and channel IV is equal to Rp8.833,00 per kg, (3) Produsen’s share in every channels are: channel I is equal to 40 persen, channel II is equal to 20 persen, channel III is equal to 21 persen and channel IV is equal to 36 persen, (4) First marketing channels is the most eficien of all because its have the smallest technical efficiency index and the biggest economical efficiency index.
Keywords: efficiency, marketing, apple, Kusuma Agrowisata